jump to navigation

Bekal Qiyamul Lail October 24, 2007

Posted by kafepeduli in Peduli Bekal.
trackback

“Dan pada sebagian malam, bertahajjudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat mu ke tempat yang terpuji.”

(QS. 17:79)

 

sujud.jpgDari Bilal RA berkata, Rasulullah bersabda : “Rajinlah kalian bangun malam, sebab hal itu adalah kebiasaan para sholihin sebelum kalian, sarana pendekatan diri kepada Allah, dihapuskannya dosa-dosa kalian, dan sekaligus penangkal penyakit yang datang dari tubuh.” (HR At-turmudzi)

Ikhwati fiLlah,
Waktu terindah untuk bermunajat kepada Allah adalah di kala malam telah larut, di saat manusia dan makhluk lain tengah asyik menikmati tidurnya, di kala kehidupan mulai lengang. Di saat itu bangkitlah dari tidurmu, hadirkan hatimu dalam mengingat Allah. Resapkanlah kelemahanmu dan hadirkanlah keagungan Tuhanmu. Nikmatilah ketenangan dan kedamaian ketika engkau mengingat-Nya. Tangisi dosa, kesalahan dan kekeliruan yang engkau perbuat terhadap-Nya. Curahkan segala hajat dan istighfar keharibaan-Nya.

Ikhwati fiLlah,
Banyak sekali ayat dan hadits yang menerangkan keutamaan waktu malam dan mengisinya dengan ibadah. Para hamba Allah yang sholih menganjurkan kita untuk memanfaatkan waktu itu untuk berpacu dalam amal sholih. Meraka tidak sekedar berfatwa, tetapi melaksanakan apa yang mereka fatwakan. Mereka berdzikir, bertasbih, ruku’ dan sujud dengan segala kerendahan hati.

Ikhwati fiLlah,
Dhiraar Assudaa ‘i mengisahkan tentang kebesaran Ali bin Abi Thalib RA. Ali sangat tidak senang dengan berbagai bentuk yang berbau dunia, ia lebih senang dengan tibanya waktu malam. Suatu saat ia berdiri di mihrob sambil menangis seperti orang yang tertimpa musibah. Dalam tangisnya beliau mengucapkan: “Wahai dunia, rayulah orang lain, jangan coba dekati aku, aku telah ceraikan engkau dengan talak 3. Tidak ada kata rujuk. Sungguh umurku sangat pendek, perhitungan dan bahaya amatlah besar. Oh ?? celaka aku, perbekalanku hanyalah sedikit, tetapi perjalanan ini amatlah panjang dan berliku”.

Ikhwati fiLlah,
“Mengapa orang yang cinta shalat malam wajah mereka bercahaya, cerah dan ceria?” Pertanyaan seseorang kepada Al Hasan bin Ali. Beliau menjawab: “Karena meraka selalu berdialog dengan Allah di malam hari. Jangan heran kalau Allah memancarkan sebahagian cahayaNya kepada mereka”.

Ikhwati fiLlah,
Para hamba Allah yang sholih umumnya tidak lagi merasakan kelelahan akibat bangun dan shalat malam. Bahkan justru mereka meresakan kesegaran jiwa dan kelembutan hati. Mereka yang gemar shalat malam jauh merasa bahagia dibanding dengan mereka yang berpesta pora pada waktu yang sama. Ulama salafusshalih selalu berpendapat bahwa keni’matan yang menyerupai keni’matan akhirat adalah ibadah yang dilakukan di tengah malam. Bahkan Ibnu Munkadir mengatakan: “Tidak ada lagi kelezatan di dunia ini kecuali 3 hal saja yaitu Qiyamullail, shilaturrahim dan shalat jama’ah”.

Ikhwati fiLlah,
Itulah secuil kisah cinta Ulama salafusshalih yang telah mendahului kita terhadap qiyamullail. Kiranya kita bisa melanjutkan amal-amal mulia di waktu malam secara rutin meskipun sedikit. Semoga dapat menjadi bekalan yang dapat membantu dan mengantarkan kita kepada kekuatan jiwa dalam menghadapi tugas da’wah yang semakin hari semakin terasa berat.

Ikhwati fiLlah,
Patut kiranya kita ketahui nasihat dari Imam Assyahid Hasan Al Banna seputar hal yang dapat membantu kita untuk gemar dan mudah bangun malam:
1. Ikhlaskan niat
2. Pusatkan perhatian
3. Perbaharui taubat
4. Jauhi segala bentuk ma’siyat
5. Tidur malam sedini mungkiin
6. Mohonlah bantuan dan karunia Allah, Ia akan mengabulkannya Insya Allah

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: